Senin, 09 April 2012

SS-Untersturmführer Gerd Falkenhorst (1925 - ), Perwira Sinyal Waffen-SS

SS-Untersturmführer Gerd Falkenhorst

Gerd Falkenhorst lahir di Leipzig, Jerman, Mei 1945. Ia sudah mengikuti organisasi Hitlerjugend di tahun 1937. Ia masuk menjadi anggota Waffen-SS di usianya yang ke-17 dan menerima pelatiha dasar sebagai penembak senapan mesin di Debica, Polandia. Unit pertamanya ialah Divisi Waffen-SS ke-4, yakni SS-Polizei yang berkedudukan di dekat Wolgorod. Ia tak berada lama di divisi itu, karena dipindahkan ke Sonderkommando Friedental. Dia ikut bertempur di Yugoslavia tahun 1943 dan kembali tahun 1944 ketika ikut berpartisipasi dalam serangan udara besar-besaran menyerbu markas gerombolan partisan komunis Yugoslavia pimpinan Josif Broz Tito di Drvar.

Gerd kemudian dipindahkan kembali, kali ini di Divisi Waffen-SS ke-10, SS-Panzer Division Frundsberg. Di sini ia terlibat dalam pertempuran di Tarnpol awal tahun 1944, juga di Normandia beberapa bulan kemudian. Gerd masih sempat untuk mengikuti pelatihan lanjutan sebagai calon perwira bagian sinyal di SS Nachrichten Führerschule di Metz, sebelum berhasil selamat dalam usahanya menahan gempuran Sekutu dalam Operasi Market Garden di bulan September 1944. Sebagai perwira di bagian komunikasi, ia ditangkap oleh pihak Inggris setelah terluka untuk yang ketiga kalinya da menghabiskan waktu selama 3,5 tahun di penjara.

Setelah perang, Gerd dan istrinya memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika Serikat tahun 1956 untuk mencari kehidupan baru yang lebih damai bagi seorang mantan perwira SS sepertinya.

Gerd Falkenhorst sendiri merupakan nama panggilan yang ia buat sendiri untuk melindungi agar jangan sampai orangmengetahui bahwa ia adalah seorang SS zaman perang, hal yang kemungkinan membawa pengaruh buruk bagi usahanya di negara barunya itu karena reputasi SS (Allgemeine-SS dan bukan Waffen-SS) yang buruk di zaman perang.

0 komentar: