Minggu, 08 April 2012

Das Infanterie-Sturmabzeichen (Medali Serang Infanteri), Penghargaan Untuk Veteran Infanteri


Das Infanterie-Sturmabzeichen

Das Infanterie-Sturmabzeichen, adalah medali yang diberikan kepada prajurit infanteri, utamanya dari Heer dan Waffen-SS, yang berprestasi dalam pertempuran sehingga mereka layak dianugerahi medali tersebut. Medali ini dirancang oleh C.E. Junker dari Berlin dan mulai diinstitusikan tanggal 20 Desember 1939 oleh Generaloberst Walther von Brauchitsch. Ketika pertama kali dikeluarkan, medali ini hanya terdiri dari satu kelas/tingkatan saja, yakni dari bahan perak saja.

Kelas yang terpisah, yang terbuat dari bahan perunggu, mulai dikeluarkan tanggal 1 Juni 1940. Kelas dari perunggu ini mempunyai kriteria penganugerahan yang sama dengan pendahulunya yang dari perak. Hanya satu perbedaannya saja, yakni status pasukan. Perunggu dikeluarkan untuk pasukan panzer, sedangkan perak untuk pasukan infanteri.

Das Infanterie-Sturmabzeichen berbentuk daun ek yang melingkar secara oval, dengan empat daun di kiri dan kanannya. Setiap daun ek mempunyai dua buah biji, yang terdapat di bagian bawah daun. Di tengah dasar medali terdapat pita yang terikat di sekeliling lingkaran, dengan lima butir peluru bedil mimis dalam posisi vertikal di tengah-tengahnya. Benda yang paling menonjol dari medali ini adalah senapan Kar98K yang terletak secara diagonal. Bagian popor terletak di sebelah kanan, sedikit di bawah lingkaran ek. Senapan tersebut bersandar ke arah kiri, dengan bayonet terpasang di ujungnya.  Di bagian atas lingkaran terdapat lambang nasional: burung rajawali dengan sayap tertutup ke bawah dan mencengkram lambang swastika di kakinya. Medali ini memiliki detail yang mengagumkan dalam segala aspeknya, dari rajawali hingga popor senapan.

Medali ini memiliki ukuran 46 mm dari atas ke bawah, dan sedikit menggelembung dengan bagian belakang padat atau berlubang yang merupakan hasil tempelan atau dicetak. Bagian belakang memiliki pengait/klip vertikal lengkap dengan engselnya. Metode penambahan klip ini sendiri bervariasi:ada yang di las dan ada yang di solder.

Medali ini juga tersedia dalam pin miniatur yang bisa dipasang di kerah dan dikenakan ketika si penerima mengenakan pakaian sipil biasa.

Kedua seri medali ini diberikan sebagai penghargaan untuk prestasi dalam pertempuran. Otorisasinya harus sepersetujuan sang komandan resimen, dan diserahkan lengkap dengan dokumen khusus yang menyertainya. Dokumennya sendiri adalah tipe standar yang memasang nama dan unit si penerima, juga tanggal medali tersebut diberikan. Seperti hampir semua penghargaan Third Reich lainnya, tak ada keterangan tentang aksi apa yang telah dilakukan si penerima yang membuatnya layak mendapatkan Das Infanterie-Sturmabzeichen. Dokumennya terbuat dari kertas coklat dengan nama jenis medali yang telah di-print sebelumnya.

Medali ini dipasang di dada sebelah kiri, tepatnya di saku. Tak ada pembatasan bahwa medali ini hanya di pasang di seragam saja, dan beberapa foto era Perang Dunia II memperlihatkan bahwa banyak juga prajurit Wehrmacht yang mengenakannya di jaket abu-abu mereka.

Das Infanterie-Sturmabzeichen perak diberikan pada tamtama dan perwira dari kompi senapan (yang bukan bagian dari Divisi Infanteri Bermotor), juga kompi pasukan gunung. Kriteria penerimaannya sendiri ialah sebagai berikut:

PERAK:
1. Ikut ambil bagian dalam tiga atau lebih serangan infanteri.
2. Ikut ambil bagian dalam tiga atau lebih serangan balasan infanteri.
3. Ikut ambil bagian dalam tiga atau lebih operasi pengintaian bersenjata.
4. Ikut ambil bagian dalam tiga atau lebih pertempuran satu-lawan-satu dalam posisi menyerang.
5. Ikut ambil bagian dalam pertempuran selama tiga hari yang berbeda.

PERUNGGU:
1. Ikut ambil bagian dalam tiga atau lebih serangan infanteri bermotor.
2. Ikut ambil bagian dalam tiga atau lebih serangan balasan infanteri bermotor.
3.Ikut ambil bagian dalam tiga atau lebih operasi pengintaian bermotor dengan senjata.
4. Terlibat dalam pertempuran satu-lawan-satu dalam posisi serangan bermotor.
5. Ikut ambil bagian dalam pertempuran bermotor selama tiga hari yang berbeda.

Serangan tersebut harus dilakukan dalam hari yang berlainan, dan bila dilakukan dalam beberapa hari berturut-turut, maka hanya satu "poin" yang diterima.

0 komentar: