Kamis, 05 April 2012

Luger, Pistol Legendaris Jerman

P.08/Luger

Pistole Parabellum 1908 atau Parabellum-Pistole, yang lebih dikenal dengan nama Luger, adalah pistol semi-otomatis yang mempunyai kekuatan hentakan yang kuat dan dapat dikunci, yang menjadi salah satu ikon pistol modern. Desainnya dipatenkan oleh Georg J. Luger pada tahun 1898 dan diproduksi oleh perusahaan pembuat senjata Jerman, Deutsche Waffen und Munitionsfabriken (DWM) dari tahun 1900. Jenisnya sendiri merupakan evolusi dari pistol C-93 buatan Hugo Borchardt tahun 1893.

Luger menjadi populer setelah digunakan Jerman dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Meskipun pertamanya diperkenalkan dengan Parabellum 7,65 x 22 mm, tapi versi pengembangan dari cartridge-nyalah yang lebih dikenal, Parabellum 9 x 19 mm (atau Luger 9 mm).

Saat ini, meskipun dikatakan sebagai barang antik dan ketinggalan zaman, Luger tetap diburu oleh para kolektor, dengan alasan desainnya yang khas, akurasinya, dan hubungannya yang bersejarah dengan Nazi dan Kekaisaran Jerman.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ribuan prajurit Sekutu pulang ke rumah dari dua Perang Dunia dengan Luger menjadi salah satu "oleh-oleh" mereka. Saat ini pun, transaksi yang melibatkan Luger terjadi setiap hari, dan dengan mudah bisa kita pantau di situs-situs lelang seperti Ebay dan Epier.

0 komentar: