Kamis, 04 Oktober 2012

Volkssturmgewehr, Senjata Khusus Untuk Volkssturm

File:Volkssturmgewehr (Sketch).jpg
Bentuk desain Gustloff Volkssturmgewehr

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/17/Bundesarchiv_Bild_183-J28787%2C_Volkssturmbataillon_an_der_Oder.jpg 
Tentara Volkssturm di tepi sungai Oder, 1945. Tentara yang berada di sebelah kiri membawa Volkssturmgewehr


Volkssturmgewehr 1-5 adalah satu set dari lima desain senapan yang dikembangkan oleh Nazi Jerman selama bulan-bulan terakhir Perang Dunia II. Desainnya sederhana, berasal dari Mauser 98K, tetapi dengan bagian-bagian yang berkualitas buruk dan penyelesaian kasar. Ada kebingungan menyangkut penyebutannya, sumber-sumber berbicara tentang VG 1-5, Volkssturmgewehr 1-5, Versusch-Gerät 1-5, Gustloff dan Gustloff Geräts 507.  Hal ini sering diyakin bahwa VG 1-5 mengacu pada jenis tertentu, biasanya desain Gustloff, senapan semi otomatis berbilik untuk kaliber 7.92x33mm Kurz.

Pada akhir tahun 1944 kedudukan Jerman sudah semakin terdesak. Angkatan Bersenjata Jerman kehilangan banyak tentaranya di Front Timur maupun Front Barat. Maka dimulailah mobilisasi Volkssturm (Milisi Nasional Jerman). Volkssturm perlu dipersenjatai namun senapan yang tersedia tidak mencukupi. Untuk alasan itu Primmitiv Waffen Programm (Program Senjata Primitif) diprakarsai. Itu adalah sebutan untuk senjata-senjata yang sangat mudah untuk diproduksi.

Beberapa perusahaan menyodorkan desain mereka, semua sangat dasar dan mentah pada penyelesaian. Walther merancang Volkssturmgewehr VG 1, Spreewerk Berlin merancang VG 2, Rheinmetall merancang VG 3, Mauser merancang VG 4 dan Steyr merancang VG 5. Semua desain senapan ini masuk dalam kategori bolt-action dan berasal dari Mauser 98K.

Selain itu ada desain lainnya yang diproduksi oleh perusahaan lain. Paling dikenal adalah Volkssturmgewehr buatan Gustloff. Dalam minggu-minggu terakhir Third Reich, sistem komunikasi runtuh dan tidak ada produksi yang teroganisir dapat dimulai. Akhirnya Gauleiter lokal memerintahkan para produsen senjata di daerah mereka untuk memulai produksi. Tidak jelas persis berapa banyak senjata yang diproduksi.

0 komentar: