Kamis, 24 November 2011

SS-Oberscharführer Balthasar Woll (1922-1996), Gunner Terbaik Panzer di Wehrmacht

 
SS-Oberscharführer Balthasar Woll

Balthasar Woll lahir di Wemmetsweiler, 1 Maret 1922. Sebelum mendaftar di Waffen-SS ia pernah menjadi seorang petugas listrik. Setelah mendaftarkan dirinya di Waffen-SS, ia ditempatkan sebagai penembak senapan mesin di kompi ke-31, 1. SS-Totenkopf Infanterie Regiment. Ia terluka dalam pertempuran di kantung Demyansk dan dikirim kembali ke Jerman untuk mendapat perawatan. Ia pun mendapatkan Eiserne Kreuz 2.klase dan Wound Abzeichen in Schwarz di bulan Juli 1942 atas jasa-jasanya.

Setelah pulih ia dilatih lagi untuk menjadi seorang penembak meriam tank, dan pada akhir tahun 1942 dan ditempatkan di 13. Schwere Panzer Kompanie, SS-Panzer Regiment 1, 1. SS-Division Leibstandarte SS-adolf Hitler, dimana ia bertemu dengan Michael Wittmann. Bersama Wittmann, mereka menjadi tim panzer yang paling hebat di Wehrmacht. Kelebihan yang dimiliki Woll adalah mampu menembak tank musuh dengan tepat dari jarak dekat maupun jarak jauh meskipun tank-nya dalam keadaan berjalan. Mereka juga memiliki rekor kemenangan dengan menghancurkan 80 tank dan 107 senjata anti-tank Rusia.

Ketika Michael Wittmann gugur di Normandia tahun 1944, Woll sudah tidak lagi bersama Wittmann karena ia diberi kepercayaan menjadi komandan panzer Tiger dan sama-sama bertempur di Normandia. Sebelum berpisah, Woll menjadi pengiring pangantin pria dalam pernikahan komandan sekaligus teman dekatnya, Michael Wittmann, yang menikah dengan Hildegard Burmester pada tanggal 1 Maret 1944. Setelah berkarir sendiri, Woll sempat terluka ketika mendapat serangan udara musuh dan harus mendapat perawatan yang lumayan lama hingga bulan Maret 1945. Setelah perang usai, ia meneruskan karirnya yang dulu sebagai petugas listrik.
Balthasar Woll wafat pada tanggal 18 Maret 1996 di usia 73 tahun. Meskipun rekor kemenangannya tak dapat dipastikan, namun diperkirakan di atas 100.

Medal dan penghargaan yang diterima Balthasar Woll :
  1. Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes
  2.  Eisernes Kreuz 1. Klasse
  3.  Eisernes Kreuz 2. Klasse
  4.  Östlich Front Medaille
  5. Panzer Zerstörung Abzeichen
  6.  Verwundetenabzeichen in Schwarz

0 komentar: