Kamis, 22 Maret 2012

Ritterkreuz (Knight's Cross), Medali Keberanian Nazi Jerman

Ritterkreuz (Knight's Cross)

Ritterkreuz (Knight's Cross) adalah tingkatan dari Eiserne Kreuz yang selama beratus-ratus tahun menjadi medali utama untuk perlambang keberanian para ksatria Jerman. Ritterkreuz sendiri diperkenalkan pada zaman Hitler dan digadang-gadang sebagai penghargaan tertinggi di Jerman yang diberikan kepada prajurit-prajurit yang memperlihatkan keberanian yang luar biasa di pertempuran dan perwira-perwira yang merancang strategi operasi militer yang sukses. Hanya saja, medali ini masih kalah dari Großkreuz (Grand Cross), yang hanya dianugerahkan pada satu orang saja, yakni Hermann Goring sang panglima Luftwaffe.

Secara total, terdapat 7.138 orang penerima Ritterkreuz, dan hanya 882 di antaranya yang menerima Eichenlaub (plus 8 orang penerima Non-Jerman). Mengerucut lagi menjadi 159 orang penerima lanjutan Schwertern (plus satu orang penerima Non-Jerman, yakni Laksamana Isoroku Yamamoto dari Jepang). Hanya 27 orang yang berhasil mencapai jenjang Brillanten, dan mereka inilah para pahlawan terbaik yang dimiliki Jerman (3 orang Marsekal, 10 Jenderal, 3 Oberst, 9 pilot jagoan, dan 2 kapten U-Boot). Dari semuanya, muncul satu orang terbaik yang mendapat anugerah Goldenem Eichenlaub, dialah Oberst Hans-Ulrich Rudel dari Luftwaffe yang prestasinya dalam perang membuat orang terpana mengetahuinya.

Dari 159 orang penerima resmi Schwerten, 13 orang di antaranya sebenarnya tidak memenuhi kriteria resmi untuk mendapatkan medali tersebut. Selain itu, 24 orang penerima Eichenlaub juga ditenggarai kurang mendapat pembuktian sebagai prasyarat mendapatkannya.

Dari banyak perwira Jerman yang terlibat dalam upaya pembunuhan terhadap Hitler tanggal 20 Juli 1944, di antaranya terdapat 13 orang penerima Ritterkreuz.

Dari 7.138 orang penerima Ritterkreuz, 711 orang di antaranya melanjutkan karir kemiliterannya di Bundeswehr setelah perang berakhir, dengan 114 orang kemudian berhasil meraih pangkat jenderal.


Distribusi Ritterkreuz berdasarkan unit :
- Heer, sebanyak 4.785 orang penerima
- Luftwaffe, sebanyak 1.785 orang penerima
- Kriegsmarine, sebanyak 318 orang penerima
- Waffen-SS, sebanyak 457 orang penerima

0 komentar: