Jumat, 16 Maret 2012

Game "Return To The Castle Wolfenstein" Ditarik Dari Pasar Game di Jerman

Lambang Swastika dalam game "Return To The Castle Wolfenstein"

Penjualan game legendaris "Return To The Castle Wolfenstein" di Jerman terpaksa dihentikan oleh Activision selaku penerbitnya. Hal ini adalah imbas dari kontroversi simbol Nazi yang ada dalam game besutan Raven Software tersebut.

Jika kebanyakan game dilarang beredar karena tindakan kekerasa dan eksploitasi seksual, berbeda dengan Wolfenstein. Game ini dipaksa keluar dari pasar game Jerman karena Activision dinilai mangkir dari perjanjian untuk tidak menampilkan lambang Swastika tersebut.

"Walau sebenarnya bukan elemen yang sangat menonjol dalam game, tapi kami telah memutuskan untuk menarik game ini secepatnya dari pasaran yang ada di Jerman," jelas Activision soal kasus ini, seperti dikutip dari Computer and Videogames, Kamis (24/9/2009).

Penggunaan lambang Swastika dalam game Wolfenstein versi Jerman memang tidak terlalu mencolok jika dibandingkan dengan versi Amerika atau lainnya. Meski demikian, hal ini tetap tidak dapat diterima oleh pemerintah Jerman sebagai sesuatu yang bisa ditolelir.

0 komentar: