Senin, 05 Maret 2012

Deutsches Reiterabzeichen dan Deutsches Fahrer-Abzeichen, Medali Berkuda Nazi Jerman

Tiga varian Deutsches Reiterbazeichen

Salah satu contoh Deutsches Fahrer-Abzeichen dari Bronze (Perunggu)
 
Deutsches Reiterabzeichen (Medali Berkuda Jerman) pertama kali dikeluarkan pada zaman Reichswehr, tepatnya tanggal 9 April 1930 dan diberikan kepada mereka yang lolos uji ketangkasan berkuda, sementara Deutsches Fahrer-Abzeichen (Medali Sais Kereta Kuda Jerman) dikeluarkan sebulan sesudahnya, bulan Mei 1930, dan diberikan kepada mereka yang lolos uji pengendara kereta berkuda. Kedua medali ini sama-sama diberikan dalam tiga kategori : Bronze (Perunggu), Silber (Perak), dan Gold (Emas).

Seorang prajurit yang mengikuti pelatihan kavaleri sudah pasti mendapatkan Reiterabzeichen in Bronze, karena itu prajurit kavaleri aktif jarang memakai Reiterabzeichen in Bronze di seragamnya, dan lebih memilih memasang medali tersebut yang versi Silber atau Gold.

Seringkali para anggota non kavaleri seperti dari infanteri, sandi, atau polisi mengikuti pelatihan berkuda di Reiterabzeichen yang diselenggarakan oleh "Reichsverband fur Zucht und Prufung des Deutschen Warmbluts". Wehrmacht dan SS menempatkan kandidat tugas-tugas joki mereka di sebuah kursus berkuda yang diselenggarakan oleh instruktur berkuda. Kemudian si kandidat harus mengikuti ujian tiga bagian yang terdiri dari teori berkuda, cara melatih kuda, dan lompat halang-rintang. Semua ini harus dilalui untuk mendapatkan Reiterabzeichen III klasse (in Bronze). Dengan mengenakan Reiterabzeichen di seragamnya, maka si prajurit menunjukkan bahwa ia telah lolos kualifikasi menunggang kuda.

Reiterabzeichen II klasse (in Silber) diberikan apabila ia mengikuti pelatihan menunggang kuda lanjutan sehingga skill-nya benar-benar meningkat, atau melalui prestasi yang ditorehkan dalam dalam kompetisi berkuda tingkat nasional.

Bagaimana dengan Reiterabzeichen I klasse (in Gold) yang merupakan kelas tertinggi dari medali ini?
Tentunya ia mendapatkannya apabila berprestasi dalam kompetisi berkuda di tingkat internasional atau Olimpiade.

Kedua jenis medali tersebut (Reiterabzeichen dan Fahrer-Abzeichen) merupakan salah satu dari sangat sedikit medali zaman Nazi yang tidak mengandung lambang Swastika atau Nazi di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa program kualifikasi Reiterabzeichen masih berjalan hingga saat ini dan diikuti tidak hanya oleh militer tapi juga oleh warga sipil.

0 komentar: