Rabu, 07 Maret 2012

Panzerkampfwagen III, Panzer Pertama Yang Dilengkapi Meriam

Panzerkampfwagen III

Pada tahun 1935, Generaloberst Heinz Guderian menekankan bahwa harus ada dua tipe dasar lapis baja dari inti Divisi Panzer Jerman di masa depan. Tipe pertama adalah kendaraan yang dilengkapi dengan senjata anti-tank dan dua senapan mesin. Sedangkan tipe kedua adalah lapis baja pendukung dengan senjata kaliber besar. Tipe pertama kemudian diwujudkan dalam Panzerkampfwagen III atau PzKpfw III, dan tipe kedua nantinya dikenal sebagai Panzerkampfwagen IV atau PzKpfw IV.

Pada tahun yang sama muncul perintah untuk menciptakan kendaraan full-track dengan bobot lebih dari 15 ton tersebut, dikeluarkan berdasarkan spesifikasi Heereswaffenamt kepada MAN, Daimler Benz AG, Rheinmetall Borsig dan Krupp AG sebagai perusahaan pembuat. Kendaraan tersebut dibuat dengan nama Mittlerer Traktor, tentu saja untuk mengelabui Perjanjian Versailles. Konflik pun sempat terjadi ketika Heereswaffenamt puas dengan kaliber 37 mm, sedangkan inspektorat Senjata Mekanik menginginkan senjata yang lebih besar, yakni kaliber 50 mm.

Akhirnya kaliber 37 mm terpilih sebagai senjata utama kendaraan lapis baja tersebut karena infanteri Jerman sudah dilengkapi dengan senjata anti-tank 37 mm standar, yakni Pak-35/36 L/45. Dengan alasan penghematan, maka hanya satu jenis senjata dan satu jenis amunisi yang diproduksi.

Baja pelindung dibuat lebih tebal di bagian depan. Kecepatannya dipatok 40 km/jam, den dioperasikan lima orang (komandan, penembak, pengisi peluru, pengemudi, dan petugas radio). Komunikasi antar awak dilakukan dengan sistem interkom. PazKpfw III merupakan kendaraan Jerman pertama yang menggunakan sistem percakapan interkom. Untuk selanjutnya, seluruh jenis panzer menggunakan sistem yang sama dan terbukti sangat efektif dalam pertempuran.

0 komentar: