Kamis, 26 Januari 2012

Panzerkampfabzeichen, Medali Untuk Awak Panzer Nazi Jerman



Panzerkampfabzeichen yang diberikan dalam Perang Saudara Spanyol



Panzerkampfabzeichen Perak 





Panzerkampfabzeichen untuk para veteran panzer yang mengikuti 25 pertempuran


Panzerkampfabzeichen (Panzer Badge) pertama muncul di Angkatan Darat Jerman selama berlangsungnya Perang Dunia I, dan diaktifkan kembali ketika Perang Saudara Spanyol pecah (dalam perang itu Jerman ikut berpartisipasi).

Panzerkampfabzeichen khas Wehrmacht sendiri pertama diperkenalkan pada tanggal 20 Desember 1939, yang diberikan sebagai penghargaan kepada para personil panzer (Panzertruppen) yang telah sukses melaksanakan misi mereka dalam invasi ke Polandia, 1 September 1939. Desainnya dirancang oleh Ernst Peekhaus, dan pembuatannya diinstruksikan langsung oleh komandan Wehrmacht, Generaloberst Walther von Brauchitsch. Tanggal 6 Juni 1940 diperkenalkan pula kelas lain dari medali tersebut yang terbuat dari perunggu yang ditambahkan sebagai penghargaan untuk awak kendaraan lapis baja selain tank (Halbspur, Sturmgeschütz, dan sebagainya).


Panzerkampfabzeichen sendiri berbentuk oval yang dikelilingi daun Oak, 5 buah di satu sisi, dan 4 buah di sisi lainnya (rantai tank menutupi salah satunya). Di dasar oval tersebut terdapat ikatan, dan di atasnya Adler Wehrmacht dengan sayap yang mengembang ke bawah dan cakar terletak di atas Swastika. Bagian utama dari medali ini adalah bentuk sebuah tank yang seakan bergerak melewati dari kiri ke kanan (dilihat dari depan). Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu rantai dari tank/panzer tersebut menutupi satu bagian daun Oak, dan area di bawah tank tampak seperti rerumputan.


Kriteria dari pembagian medali ini adalah :
  • Ambil bagian dalam tiga serangan dengan menggunakan kendaraan lapis baja dalam tiga hari yang berlainan
  • Terluka dalam salah satu serangan dengan menggunakan kendaraan lapis baja
  • Mendapat penghargaan untuk keberanian dalam sebuah serangan panzer.
Untuk pembagian, Panzerkampfabzeichen perak diberikan kepada komandan tank, gunner atau operator radio sedangkan Panzerkampfabzeichen perunggu diberikan kepada resimen-resimen Panzer-Grenadier, kru tank-assault, unit-unit pengintaian kendaraan lapis baja, dan personel medis yang ikut dalam pertempuran kendaraan lapis baja. Pemberian penghargaan sendiri harus sepersetujuan komandan divisi panzer yang bersangkutan.

Setelah perang semakin bertambah lama, disadari bahwa satu jenis Panzerkampfabzeichen tidak lagi cukup berhubung dengan makin banyaknya veteran panzer yang terlibat dalam banyak pertempuran yang melibatkan tank. Bulan Juni 1943 diperkenalkan empat kelas baru dari Panzerkampfabzeichen yang bernomor 25, 50, 75, dan 100. yang melambangkan jumlah pertempuran yang telah dijalani. Bentuk Panzerkampfabzeichen baru ini sama persis dengan yang kelas lama dan tak bernomor, hanya saja dengan tambahan sebuah kotak yang berisi nomor kelas medali di bagian dasar lingkaran daun Oak. Selain itu medali nomor 25 dan 50 ini sedikit lebih besar dari medali kelas lama, yang bernomor 75 dan 100 pun lebih besar lagi.

0 komentar: